Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang

kedokteran-eng(1)

 
Program Pendidikan Dokter didirikan 25 September 2001 dengan Nomor : 3079/D/T/2001. Program Studi Pendidikan Dokter UMM mendapat akreditasi B “gemuk” atau hampir mendekati akreditasi A.

Program pendidikan dokter UMM memiliki visi dan misi sebagai berikut 

Visi :
Menjadi fakultas  terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berbasis pada bidang Kedokteran Umum, Keluarga dan Industri dan  nilai-nilai islam untuk meningkatkan daya saing bangsa.
 
Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang kedokteran profesional islami dengan kemampuan dasar tambahan dalam bidang kedokteran keluarga dan kedokteran industri
  2. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan daya saing bangsa
  3. Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah hasanah
  4. Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan tehnologi kedokteran dan kelembagaan dengan berbagai pihak.
Selain itu tujuan Program Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang ialah mendidik mahasiswa melalui serangkaian pengalaman belajar menyelesaikan suatu kurikulum, sehingga mempunyai sikap dan perilaku Islami, cukup pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam bidang keprofesiannya.
 
Tahapan pembelajaran program pendidikan dokter UMM dibagi menjadi tiga tahap:
Tahap ke-1 : (1 semester)
Pendidikan umum (general education) untuk mencapai ketrampilan dan sikap dasar yaitu ketrampilan pembelajaran sepanjang hayat, ketrampilan-ketrampilan generic dan sikap peduli terhadap lingkungan/masyarakat
Tahap ke-2 : (6 semester)
Pendidikan terintegrasi baik yang horizontal maupun vertical, untuk mencapai ketrampilan-ketrampilan menjelaskan dan menanggulangi masalah pasien dan masyarakat secara ilmiah, termasuk ketrampilan penelitian
Tahap ke-3 (3 semester)
Pendidikan berbasis kompetensi, sebagai kemampuan profesi klinik dan kedokteran komunitas
 
Pendidikan dokter UMM memiliki 37 dosen pengajar. Empat diantaranya menjabat sebagi dekan (dr. Hj. Irma Suswati, M.Kes), pembantu dekan I (dr. Moch. Maroef, SpOG), pembantu dekan II (dr. Rahayu, SpS.), dan pembantu dekan III (dr. Iwan Sis Indrawanto, SpKJ)
 
 

Tinggalkan komentar